Kisah Hidup Seorang Introvert

Kisah seorang introvert tentang seni mendengarkan yang halus, merangkul keragaman pemikiran, dan perjalanannya untuk menemukan orang-orang terbaik.
just-an-introvert
zoneamedia.blogspot.com

Introvert adalah salah satu tipe kepribadian yang lebih fokus pada pikiran, suasana hati, dan perasaan secara internal. Ada dua jenis tipe kepribadian dalam hidup yaitu introvert dan ekstrovert. Tipe kepribadian introvert cenderung lebih menyukai waktu bersama satu atau 2 orang.

Seorang Introvert, tidak seperti anak-anak lain yang berisik dan selalu berkumpul dalam kelompok untuk bermain, dia lebih suka berdiri dan menonton dengan tenang. Dia memiliki beberapa teman dekat dengan siapa dia bermain, tetapi sama-sama bahagia ketika dia sendirian.

Apakah sobat merasa diri seorang Introvert? atau tidak bisa menjawab kalau diri sendiri adalah seorang Introvert atau bukan. Untuk itu disini penulis ingin menjelaskan bagaimana Sobat mengetahui seorang Introvert dari ciri-ciri introvert, dikutip dari berbagai sumber dan pengalaman pribadi.

Kehidupan Seorang Introvert

Kata-kata yang paling umum untuk seorang Introvert itu kebanyakan diartikan orang sebagai rasa yang kurang percaya diri, pendiam, dan pemalu. Sekarang apakah Sobat merasa mempunyai karakter seperti itu? beberapa orang dewasa akan berkata kepada Sobat seolah-olah seorang anak akan memiliki jawaban. Namun, Sobat mulai percaya bahwa ada sesuatu yang salah dengan hal seperti itu.

Seperti halnya ketika kita tumbuh dewasa, kita selalu disuruh oleh orang dewasa untuk berbicara, dan hal ini jarang dibayangi oleh orang lain. Sobat sebenarnya tidak pernah benar-benar peduli jika Sobat dibayangi oleh rasa seperti itu. Sobat tidak pernah mendambakan diri menjadi pusat perhatian. Bahkan, Sobat berusaha keras untuk menghindarinya, jika Sobat bisa.

Bukannya Sobat tidak iri pada teman sekelas yang bisa langsung memberikan jawaban cerdas saat dipanggil guru, atau melontarkan lelucon paling lucu dan membuat semua gadis tertawa. Tapi itu bukanlah karakter Sobat yang sebenarnya.

Berpikir dan berbicara dengan kakimu tidak pernah cocok untukmu, terutama ketika Sobat menjadi sorotan. Bagimu, saat itulah kecemasan mengambil alih, sebelum Sobat benar-benar mati, terkadang memicu cekikikan gugup dan komentar yang tidak membantu.

Mungkin karena itu, Sobat lebih suka mendengarkan daripada berbicara. Bagimu, orang-orang jauh lebih menarik, seperti teka-teki, dan mendengarkan cerita mereka (dan gosip, tentu saja) jauh lebih menyenangkan daripada kehidupan duniawinya sendiri. Sobat juga merasa bahwa tidak ada yang perlu tahu pikiran dan pendapatmu, karena…mengapa mereka harus tahu?

Saat Sobat tumbuh dewasa dan memasuki sekolah menengah, Sobat mencoba mengikuti 'nasihat' untuk menempatkan dirimu di luar sana dan lebih terbuka. Untuk sementara Sobat benar-benar melakukannya, seperti bergaul dengan semua ekstrovert dan bersenang-senang sampai berteman baik dalam prosesnya. Ya, itu melelahkan dan menguras mental, tetapi Sobat menemukan itu berhasil. Selama Sobat masih punya waktu sendirian untuk meringkuk dengan buku dan segelas kopi hangat, untuk menebusnya. Sobat telah menemukan keseimbangan! Atau begitulah pikiran seorang introvert.

Sekitar waktu Sobat mulai bekerja, Sobat menyadari bahwa Sobat adalah seorang introvert selama ini (yay, kuis internet!). Ternyata, Sobat mungkin tidak seaneh itu. Hanya berbeda. Hal ini memvalidasi Sobat, tetapi dalam masyarakat yang menghargai keterampilan ekstrovert di tempat kerja, (seperti bertindak dan berbicara dengan cepat, dan mampu 'menjual diri dengan baik') Sobat segera menemukan bahwa sebagian besar dunia masih sama.

Karena Sobat terkadang suka makan siang sendirian, untuk mengisi ulang tenaga dan berpikir, teman sebaya menganggapnya seperti anti-sosial dan penyendiri. Pada saat Sobat duduk dengan tenang mengatur pikiranmu selama pertemuan yang didominasi oleh suara-suara yang kuat (dan karena menyela itu sulit serta kasar) Sobat dianggap tidak antusias dan tidak kompeten.

Kesempatan demi kesempatan berlalu, dan tak lama kemudian Sobat berhenti mencoba, dan masuk ke dalam narasi bahwa Sobat tidak cukup baik. Itu mungkin masih benar, tetapi tanpa diberi ruang dan kesempatan untuk berkembang, siapa yang tahu pasti?

Jadi, mengapa saya berbagi cerita ini dengan Sobat?

Saya pindah ke Indonesia lima tahun lalu, setelah menyelesaikan bootcamp pengembangan perangkat lunak di Enspiral DevAcademy dan akhirnya bergabung dengan Media Suite sebagai magang. Di sini, saya sebenarnya telah diberi banyak ruang untuk tumbuh dan kesempatan untuk didengar, untuk menunjukkan kepada orang-orang yang ragu dalam hidup saya apa yang benar-benar dapat saya lakukan.

Saya ingin menggunakan suara baru saya, tidak hanya untuk menyoroti beberapa perbedaan budaya antara negara kita, tetapi juga untuk menarik perhatian pada kesulitan yang mungkin dialami oleh para introvert selama masa kanak-kanak dan kehidupan kerja mereka. Saya berharap seseorang mengatakan kepada orang dewasa dalam hidup saya untuk lebih memperhatikan introvert.

Saya hanya bersyukur bahwa rekan tim saya yang luar biasa di Media Suite benar-benar memahami bahwa ada kebutuhan akan keragaman demografis (jenis kelamin, usia, etnis), namun, ada juga kebutuhan akan keragaman pikiran.

Sangat penting dalam upaya kita membangun hal yang benar. Dan karena itu, Saya selalu menyadari kebutuhan untuk beradaptasi dengan gaya kerja yang berbeda, dengan fokus untuk mendapatkan yang terbaik dari satu sama lain.

Misalnya, saya menyadari bahwa tidak semua orang nyaman berkolaborasi secara langsung, jadi selain penggunaan Slack dan email sehari-hari, Saya telah menguji RealtimeBoard (alat kolaborasi papan tulis digital) untuk berbagi dan melatih ide.

Ada juga gerakan yang berkembang dari orang-orang yang mencoba mengajukan agenda rapat dan poin diskusi sedini mungkin, sehingga setiap orang punya waktu untuk memikirkannya sebelum rapat. Saya secara sadar mencari pendapat yang bersaing dalam pertemuan saya untuk memastikan tidak ada yang dibahas.

Terkadang saya akan menghubungi peserta di Slack setelah rapat untuk melihat apakah ada orang yang memiliki pemikiran yang tidak dapat mereka ungkapkan secara langsung seperti yang saya rasakan.

Saya akan menjadi orang pertama yang mengakui bahwa acara sosial juga bisa melelahkan bagi saya. Bukannya saya tidak ingin bergabung, tetapi terkadang saya tidak siap untuk itu dan ingin tetap berada di meja saya untuk dekompresi.

Percayalah, itu tidak selalu baik-baik saja, dan saya tidak dapat menghitung berapa kali di masa lalu saya didorong atau ditekan untuk bergabung dengan makanan yang ingin saya lewati.

Namun, itu tidak pernah terjadi padaku sekali di sini. Semua orang tampaknya mengerti ketika seseorang melewatkan acara sosial, dan memberi mereka ruang untuk mengisi ulang – sering memeriksa sesudahnya untuk memastikan Sobat baik-baik saja. Bisa juga karena semakin sedikit orang yang datang untuk teh pagi, semakin banyak kue untuk dibagikan…?

Tentu saja, akan selalu ada lebih banyak upaya untuk menjadi inklusif, tetapi saya yakin kita sedang menuju ke arah yang benar. Dengan gaya Media Suite yang sebenarnya, saya akan terus bereksperimen dan terus belajar untuk membantu tim melakukan pekerjaan yang lebih baik.

Kesimpulan

Bagaimanapun, sebelum saya pergi ke dapur untuk berburu kue, saya ingin berterima kasih kepada rekan tim saya karena selalu begitu pengertian. Rekan introvert: Sobat harus tahu bahwa ya, mudah untuk merasa seperti Sobat kurang bertenaga karena tidak menemukan kata yang tepat pada waktu yang tepat, karena meluangkan lebih banyak waktu untuk mempertimbangkan tanggapan Sobat, atau merasa seperti Sobat selalu mengotak-atik.

Tapi, seseorang yang mendengarkan, dan menyuarakan pendapat mereka pastilah yang kita butuhkan di dunia sekarang ini. Meluangkan waktu Sobat untuk memahami masalahnya, dan kemudian menemukan solusi yang baik, selalu lebih baik daripada perbaikan cepat. Menjadi terlalu sensitif lebih baik daripada tidak sensitif sama sekali.

Seperti halnya semua bentuk keragaman, penting untuk merangkul perbedaan-perbedaan itu. Semua perspektif yang berbeda itu pada akhirnya akan bersatu untuk memberikan jawaban yang lebih baik, tidak hanya memungkinkan kita untuk melakukan pekerjaan yang lebih baik, tetapi juga memungkinkan kita untuk lebih menikmati kebersamaan satu sama lain.

LihatTutupKomentar